Manfaat Tersembunyi dari Beras Merah

Manfaat beras merah mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, padahal beras merah ini sangat bagus untuk kecantikan dan diet kesehatan. Ibu hamil juga bagus jika mengkonsumsi beras merah ini untuk menjaga kesehatan bayinya, dapat juga untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Beras merah merupakan beras yang belum melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit seutuhnya, sehingga lapisan kulit yang menyelimuti bijirin masih ada. Lapisan kulit inilah yang mengandung nutrisi dan serat yang penting bagi tubuh. Berbeda dengan beras merah, beras putih telah melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit dan hanya tersisa bijirin, sehingga tidak memiliki kandungan serat dan bahkan bisa meningkatkan kadar gula. Hal itu menjadi alasan bahwa mengonsumsi beras merah memberikan manfaat kesehatan lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih.

Yang paling penting adalah cara memasak beras merah agar khasiatnya tidak hilang saat proses pemasakan, memasak beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama dan jumlah air lebih banyak dibanding dengan beras putih.

Seperti sudah disebutkan diatas, beras merah memiliki manfaat untuk kecantikan karena beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat, asam amino, vitamin B, vitamin E dan kandungan mineral yang tinggi. Selain itu juga mengandung berbagai zat penting seperti fenolat yang merupakan anti oksidan kuat.

Untuk lebih detailnya, akan kami uraikan dibawah ini segala manfaat dari beras merah :

1. Menurunkan Berat badan

Rendahnya kandungan kalori dan terdapatnya kandungan karbohidrat kompleks pada beras merah, akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar.

2. Mencegah Penyakit Jantung & Kanker Payudara

Karena kandungan serat yang tinggi, dengan makan beras merah dalam diet tinggi dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Dalam beras merah ditemukan juga fitonutrisi yang disebut Lignan, yang dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

3. Mengurangi Resiko Kanker Usus Besar (Colon) & Sehat untuk Pencernaan

Kadar selenium serta polifenol tinggi yang terdapat di beras merah disinyalir dapat menurunkan resiko kanker usus besar. Tingginya kandungan serat makanan juga akan menyehatkan sistem pencernaan, usus besar dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Beras merah merupakan sumber serat larut yang baik, sehingga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam darah. Minyak esensial yang terdapat dalam beras merah yang diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi serta meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang sangat diperlukan tubuh.

5. Mengontrol gula darah untuk penderita diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemiks merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah mempunyai andil dalam mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin.

6. Mencegah terjadinya Batu Empedu

Serat tinggi yang terdapat pada beras merah sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga membantu dalam melarutkan sisa makanan dan membentuk empedu yang sehat.

7. Sumber Antioksidan

Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh. Beras merah merupakan sumber yang baik untuk zat besi atau mangan. Mangan, yang berperan penting dalam menghasilkan energi bagi tubuh merupakan komponen penting dari enzim dan merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang umumnya terbentuk saat energi diproduksi. Selain itu, beras merah kaya akan zinc, mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan zat besi atau mangan, zinc juga kaya antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Beras merah merupakan sumber magnesium, yang dianggap sebagai nutrisi kunci yang diperlukan untuk kesehatan tulang bersama dengan kalsium dan vitamin D.

Magnesium adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk membangun tulang dan mencegah kekurangan kalsium, yang telah dikaitkan dengan kepadatan tulang yang rendah dan pengembangan osteoporosis di kemudian hari. Satu cangkir beras merah mengandung sekitar 21 % magnesium dari kebutuhan harian .

9. Mempertahankan Sistem Saraf yang Sehat

Beras merah juga mengandung mangan, yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan asam lemak dan hormon yang diperlukan untuk menjaga sistem saraf yang sehat.

10. Mencegah Sembelit

Karena tinggi serat larut, maka beras merah membantu melancarkan pencernaan dan pembuangan. Jenis serat larut adalah lebih banyak memberikan cairan ke usus, sehingga gerakan usus lebih halus dan mencegah sembelit.

11. Menjaga keseimbangan pembentukan hormon dan produksi sel DNA

Dengan mengonsumsi satu porsi nasi merah saja, dapat memenuhi 23% dari vitamin B6, jumlah yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah dan membantu produksi sel-sel DNA.

Dengan banyaknya manfaat dari konsumsi beras merah, apalagi yang membuat kita menunda untuk mulai mengkonsumsinya??? Ayo kita ubah pola konsumsi makan kita dari beras putih ke beras merah agar tubuh kita menjadi lebih sehat.

Demikian informasi kali ini, semoga bermanfaat  🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *