Jenis-Jenis Bahan Kain Sprei

Kali ini, kita akan membahas mengenai  berbagai jenis bahan kain yang sering digunakan untuk membuat sprei dan bed cover. Kita seringkali tidak mengerti jenis bahan kain sprei yang akan di beli, yang kita tahu hanya ada perbedaan harga murah dan mahal. Oleh karena itu mari kita bahas jenis kain yang pada umumnya digunakan oleh pabrikan di Indonesia.

Sprei Bahan Polyester

Bahan polyester termasuk bahan baku sprei dan bed cover yang banyak digunakan di Indonesia terbuat dari serat sintetis. Sebenarnya dari sisi kualitas dan kenyamanan tidak terlalu istimewa agak kasar, namun coraknya banyak dan dari segi harga dapat terjangkau oleh masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai harga murah. Kelebihannya, kain ini mudah diatur dan tidak mudah kusut sehinga terlihat selalu rapi. Meskipun banyak di gunakan di Indonesia, sebenarnya jenis kain ini kurang cocok dipakai di negara tropis seperti Indonesia karena polyester tidak menyerap keringat, dan kurang nyaman pada tubuh.

Sprei Bahan Katun CVC

Bahan katun CVC (cotton viscose) adalah bahan katun dengan komposisi 60 – 75% katun dan sisanya viscose yang nyaman, lembut dan adem (seringkali disebut sebagai sprei katun korea). Bahan katun CVC termasuk bahan yang sangat disukai di Indonesia. Bahan ini cukup nyaman digunakan, tahan lama dan tidak mudah kusut serta tingkat penyusutan kain yang rendah.

Sprei Bahan 100% Katun (Full Cotton)

Cotton atau katun artinya adalah kapas. Bahan katun dibuat dari serat kapas alami sehingga tidak membuat alergi, terasa ringan, lembut, tidak panas dan nyaman saat digunakan serta perawatannya yang mudah. Masyarakat dengan kelas ekonomi menengah dan atas seringkali menjadikan bahan ini sebagai pilihan penggunaan sprei di rumahnya karena harganya yang cukup mahal.

Sprei Bahan Satin Jepang atau Katun Jepang

Bahan sprei satin jepang atau katun jepang juga bisa dikategorikan pada sprei full katun karena terbuat dari 100% katun, perbedaannya terdapat pada struktur anyaman benangnya yang saling silang antara 1 benang dengan 4/7 benang. Sehingga semakin banyak yang menyilang terhadap benang lain akan membuat kain semakin lembut dan halus tetapi juga semakin rapuh terhadap sikat saat pencucian.  Bahan katun jepang lebih tebal tetapi lebih lemas selain itu satin jepang juga memiliki tampilan yang lebih mengkilap dan memberikan kesan yang mewah selain itu juga bahannya terasa dingin dan warna tidak mudah pudar meskipun sering dicuci. Bahan ini relatif lebih mahal karena bahan ini impor terbatas di pasaran.

Sprei Bahan Katun Cina/Twill/Canon

Bahan dari Twill / Canon atau lebih dikenal dengan katun cina. Komposisi katun Cina merupakan 100% katun. Jenis kain ini lebih lembut dan mudah kusut bila dipegang. Bahan sprei jenis ini memiliki 2 grade yaitu :

  • grade rendah dengan ciri ciri warna yg kurang cerah dan tipis sedangkan
  • grade tinggi ciri cirinya mirip dengan sprei katun jepang, hanya saja kekurangannya lebar bahan hanya 235cm sehingga untuk standar sprei tinggi 25cm harus menggunakan sambungan dilipatan bagian kepala.

 

Demikian informasi kali ini, silahkan digunakan sebagai bahan pertimbangan dan semoga informasi ini memberikan manfaat  🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *