Cara membuat kaldu ayam gurih dan lezat

Banyak kaldu ayam instan yang dijual di pasaran, baik yang berbentuk serbuk, blok maupun pasta. Namun kebanyakan dari produk tersebut mengandung MSG dan bahan kimia berbahaya lainnya, misalnya : pewarna, dan pengawet.  Bagi para ibu – ibu yang bijak dalam memasak untuk buah hatinya, kaldu ayam bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah kelezatan dengan membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat.

Cara pembuatan:

  1. Gunakan ceker, sayap ayam, leher ayam, dan tulang ayam untuk membuat kaldu (bisa juga dengan punggung ayam)
  2. Didihkan air, masukkan ayam dan rebus sampai warnanya berubah.
  3. Agar kaldu tidak keruh dan amis, rebus tulang dan daging yang hendak dibuat kaldu dengan air secukupnya, didihkan dan buang air rebusan yang pertama. Fungsinya agar sisa-sisa kotoran yang melekat pada bagian luar serta sisa-sisa darah yang menempel bisa hilang dan tidak membuat air kaldu keruh. Dan jangan lupa air yang digunakan adalah air panas.
  4. Setelah membuang air rebusan yang pertama, beri air lagi dan rebus lagi dengan api kecil sekitar 1-3 jam tergantung dari banyaknya tulang dan air rebusan. Kalau kita menggunakan api besar sari kaldu yang berada di tulang tidak akan bisa keluar sebab tulang sudah keburu matang.
  5. Jangan lupa untuk menutup pancinya agar tidak terlalu banyak kaldu yang menguap, dan sesekali buang busa yang muncul.
  6. Jika ingin membuat kaldu yang harum dan bisa digunakan untuk berbagai macam masakan, bisa ditambahkan daun bawang, bawang bombay, bawang putih, wortel dan seledri cincang.
  7. Agar lebih nikmat, angkat tulang dan ceker. Kemudian memarkan sampai retak dan sumsumnya keluar dan rebus lagi.
  8. Ketika air kaldu sudah menyusut dan warnanya berubah kuning keemasan, Anda bisa mengangkat kaldu dan menyaringnya agar tulang dan sisa sayuran tidak ikut masuk.

 

Tips :

  1. Gunakan ayam kampung untuk mendapatkan hasil kaldu yang lebih gurih
  2. Jangan menambahkan air mentah jika kaldu sudah jadi hal ini untuk menghindari kaldu cepat basi.
  3. Jangan menambahkan tulang dan daging yang masih mentah saat air rebusan pertama sudah dibuang, karena akan membuat rebusan kaldu menjadi keruh dan amis.
  4. Untuk membuat kaldu bening buang lemak di kaldu yaitu dengan menyimpan kaldu di kulkas, lapisan lemak akan membeku dan mengumpul di atas, tingal kita ambil dan buang.
  5. Masukkan dalam wadah tertutup dan simpan di dalam freezer. Cara penyimpanan ini akan membuat kaldu ayam tahan hingga 5 bulan.

 

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat  🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *